Maaf, Seragamku Hanya Daster - Catatan Deby

Post Top Ad

Minggu, 02 Juli 2017

Maaf, Seragamku Hanya Daster


Mendapatkan SS ini di wall temen, rasanya gimana gitu.
Tapi memang begitulah keadaannya. Ga hanya di dumay, didunia nyatapun seperti itu.
Pandangan sinis maupun merendahkan selalu datang menghampiri emak berdaster alias IRT.
Apalagi yang bertitel sarjana seperti saya, wuii kalau bisa dibenamkan dalam tanah. Seperti mau bilang "malu-maluin, sarjana kok ga kerja, cuma IRT saja, pinternya ngabisin  uang suami saja" atau" untuk apa sekolah tinggi-tinggi kalau cuma jadi IRT"
Kayaknya dosa banget ya menjadi sarjana yang hanya ibu rumah tangga, bahkan seperti hal yang memalukan dan rendah.

Beberapa waktu yang lalu, calon istri kemenakan minta izin berhenti mengajar karena akan menikah. Dan pesan kepala sekolahnya, lagi-lagi membuat baper. Beliau berpesan " Jangan sampai sudah menikah, seragam kerja berubah jadi daster"..Apa yang emak pikirkan kalau mendengar orang berbicara seperti ini?..Biasa aja kali, tapi tetap saja imagenya IRT dastrean itu"hina".

Ga ada dosa kan ya kalau hanya menjadi IRT?

Tapi tahu ga sih, bagaimana pengorbanan seorang wanita yang memilih menjadi IRT? Jujur jangan disangka menjadi IRT itu enak dan tanpa gejolak jiwa.
Nih contohnya ya
1. hidup penuh rutinitas, yang kadang membosankan. Seorang IRT harus pandai-pandai membuat hidupnya penuh warna agar tidak bosan karena yang ditemui itu lagi, itu lagi. Dari bangun tidur sampai mau tidur, setiap harinya hampir sama...
2. Terkadang kuper, temannya cuma anak, suami dan tetangga dekat. Kebanyakan sih gitu. Apalagi kalau punya anak yang masih kecil-kecil. Makanya FB terkadang membuat rasa sepi itu hilang.
3. Menahan ego diri untuk tidak bekerja bukan hal yang mudah. Melihat teman-teman seangkatan bekerja, karir selangit, punya pergaulan luas dan punya uang sendiri, tentu terkadang iri dihati. Namun, tentu ada yang menjadi sebab kenapa seorang sarjana memilih tetap menjadi IRT.
4. Menahan rasa sakit hati ketika tak dihargai, dianggap tak membanggakan bahkan sampai ada suami yang malu membawa istrinya ke kantor karena label IRT saja.

Tak semua wanita lho mampu berkorban menanggalkan keegoannya demi tetap dirumah. Bayangkan, ketika kuliah mereka berharap akan tercapai cita-citanya, lalu ditengah karirnya menikah, lalu karena satu dan lain hal memutuskan resign, itu tak mudah bro. Beraaat. Namun karena demi prinsipnya, keyakinannya ia relakan semua. Ia yakin atas semua keputusan Allah.

Baca juga kisah
Tak Jadi Poligami KArena Allah

Apakah bekerja akan menjamin keluarga bahagia, selalu sehat financial, suami ga bakalan selingkuh, dan lain sebagainya?
Apakah tidak bekerja akan membuat keluarga selalu berantakan, hidup kekurangan, suami selingkuh dan lain sebagainya?
TIDAK ADA JAMINAN

Jika wanita bekerja berusaha menyelamatkan keuangan keluarga dengan menambah pemasukan lewat gajinya, maka seorang IRT pun berusaha menyelamatkan keuangan keluarga dengan cara memanajemen uang yang ada, dan dia yakin rezeki untuknya akan datang lewat suaminya...ga percaya? RUGI....

Dan lagi yang penting, menjadi IRT itu bukannya ga kerja...kerja dong, tapi tanpa gaji. Bayangkan jika semua pekerjaan IRT diserahkan ke pembantu, berapa banyak biaya yang dikeluarkan tiap bulannya, pasti jutaan kan. Namun seorang wanita rela mengerjakan semua itu dengan GRATIS. Tapi bukan berarti statusnya sama dengan pembantu. Karena seorang istri melakukannya dengan cinta.

Hargailah keputusan orang lain apapun itu. Terkadang yang nampak hina dimata kita ternyata lebih mulia di mata Allah. Jadi jangan mudah menjudge ya...

Hmm, tapi sekarang banyak lho emak-emak berdaster walau dirumah saja bisa berprestasi dan berduit. Kemajuan tekhnologi membuat emak-emak berdaster "naik kelas". Ya, walaupun hanya berseragam daster, banyak lho para emak yang punya penghasilan hingga puluhan juta bahkan milyaran. Banyak juga para emak berdaster yang berprestasi seperti menghasilkan buku dan jadi penulis. Emak berdaster saat ini lebih kreatif.
Dan kami para emak berdaster, bangga lho dengan seragam kami yang hanya DASTER^^





Post Top Ad